Peyek Kacang Santan Super Renyah

Peyek Kacang Santan Super Renyah

oleh : Zulfahmi



Langsa, Siapa yang tidak kenal dengan makanan renyah yang satu ini yang dinamakan peyek  kak Dah Gp Bateh Puteh. Peyek adalah sejenis makanan pelengkap dari kelompok gorengan. Rasanya renyah menbuat selera makan pun bangkit dan merasakan ada yang kurang tanpa sebuah peyek.
Secara umum, peyek adalah gorengan tepung terigu yang dicampur dengan air yang berbentuk adonan kental, yang diberikan bumbu terutama garam dan bawang putih, dan diberikan bijik kacang tanah atau kedelai. Peran tepung disini adalah sebagai pengikat.
Peyek ini dibuat setiap seminggu sekali dan dipasarkan ke warung-warung untuk menambah penghasilan sehari-hari. Peyek ini Sebagai makanan pelengkap, fungsi peyek sama dengan kerupuk peyek mudah ditemukan dijual diwarung-warung terdekat, dan bisa juga di sajikan kue waktu lebaran.



Bahan-bahan yang diperlukan ¼ kacang tanah (dibelah jadi dua), 1 kg tepung beras, tambahkan tepung beras sedikit, santan secukupnya, 10 lembar daun jeruk cuci yang bersih dan potong dengan tipis-tipis. Bumbu yang untuk dihaluskan antara lain 10 bijik bawang merah, 2 butir kemiri, 1 ruas kunyit, ½ ketumbar, ½ ruas kencur, garam secukupnya, minyak goreng.
Cara menbuat peyek masukkan potongan kacang tanah dan daun jeruk kedalam tepung baras, masukkan bumbu halus aduk merata. Sedikit demi sedikit masukkan santan dan aduk sampai menjadi adonan peyek. Goreng dipingir wajan dalam minyak panas sampai ke kuningan.

Share on Google Plus

About KPI NEWS

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar