PUTU BAMBU

PUTU BAMBU

Oleh : Meri Tursina





     Kue putu bambu adalah kue tradisional indonesia yang mampu membawa masa kecil bagi para penikmatnya.karena bagi sebagian besar orang,kue putu bambu ini dahulunya sangat mudah untuk di temukan dan di nikmati.berbeda dengan sekarang di mana yang lebih di minati dari pada kue kue tradisional lainnya.
Buat kalian yang kangen dengan kue tradisional yang satu ini,sudah cari kemana mana tapi nggak ada.kalian bisa membuatnya sendiri dengan mengikuti resep berikut ini.
-1 kg tepung beras
- 8 lembar daun pandan
- 300 gr gula merah yang telah di sisir/ di iris iris.
- parutan kelapa yang telah di kukus dan di beri garam secukupnya.
Cara pembuatannya
Rebus pandan untuk memperoleh daun pandan,dan tambahkan garam secukupnya.jika telah mendidih matikan api dan biarkan sampai air pandan menjadi hangat.
Masukkan tepung kedalam wadah. Lalu masukkan air pandan sedikit demi sedikit kemudian aduk dengan tangan hingga merata.
Bila adonan telah mencampur dan membentuk gumpalan gumpalan kasar, ayak adonan sedikit demi sedikit menggunakan saringan kasar sehingga adonan menjadi halus.
Siapkan cetkan putu bambu lalu lapisi dengan daun pandan,olesi dengan sedikit air.masukkan adonan putu yang telah halus lalu padatkan.setelah itu beri lubang dan masukkan gula merah yang telah di sisir tadi.lalu tutup kembali lubang dengan adonan tepung,isi sampai penuh lalu ratakan.
Siapkan panci pengukus,lalu letakkan putu dalam posisi berdiri dan usahakan posisinya tetat di atas lubang kukusan.
Kukus selama kurang lebih 10 menit,angkat lalu keluarkan dari cetakan dengan cara mendorongnya dari bagian bawah.
Lay taburi kue putu bambu dengan parutan kelapa yang sebelumnya telah di kukus tadi.dan kue putu bambu yang penuh kenangan dan bikin nostalgia siap di nikmati.
Share on Google Plus

About KPI NEWS

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar