Resep Cara Membuat Kue Cenil

Resep Cara Membuat Kue Cenil

 oleh:muhammad rifqi

   Proses pembuatan kue cenil sendiri cukup mudah. Akan tetapi di dalamnya dibutuhkan beberapa tahapan sebelum dapat dibuat kue cenil yang manis dan lezat. Kita bisa membuat kue ini sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang dibeli sendiri. Kuncinya adalah memperhatikan takaran bahan serta langkah pembuatan agar sesuai dengan resep yang tertera. Dengan begitu Anda pasti bisa membuat sendiri kue cenil dengan rasa yang lezat. Berikut ini adalah resep kue cenil lengkap dengan bahan-bahan yang dibutuhkan, takaran untuk tiap bahan serta langkah-langkah pembuatannya.


Bahan-bahan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kue Cenil Manis

  • Tepung kanji sebanyak empat ratus gram yang dilarutkan ke dalam enam puluh cc air matang di dalam satu wadah
  • Garam halus sebanyak satu sendok teh
  • Air matang secukupnya
  • Daun pandan sebanyak sepuluh lembar yang dicuci lalu diiris tipis-tipis
  • Gula pasir sebanyak enam sendok
  • Daging kelapa sebanyak setengah butir yang diparut halus
  • Air bersih sebanyak dua liter yang direbus sampai mendidih
  • Pewarna makanan secukupnya dengan warna yang berbeda-beda

Cara Membuat Kue Cenil Manis

  1. Larutkan garam dan air di dalam panci, kemudian rebus sampai mendidih serta matang. Ambil setengah bagian tepung kanji dan masukkan ke dalam air rebusan tersebut. Aduk sampai tepung bercampur rata dan menjadi kental. Angkat dan masukkan dalam wadah. Aduk serta olah agar rebusan tersebut menjadi tidak begitu panas.
  2. Masukkan sisa tepung kanji ke dalam adonan, uleni hingga merata. Apabila sudah selesai, bagi adonan menjadi tiga bagian. Pada tiap bagan, campurkan dengan pewarna makanan.
  3. Ambil tiap bagian adonan secukupnya saja dan bentuk menyerupai bola pingpong. Kemudian beri tusuk bambu menyerupai sate. Lakukan pada semua sisa adonan sampai habis tak bersisa.
  4. Masukkan semua adonan yang telah dibentuk ke dalam panci berisi rebusan air serta daun pandan. Masak sampai benar-benar matang.
  5. Apabila adonan telah matang, biasanya adonan akan mengambang di permukaan air.
  6. Jika telah matang, angkat kue cenil dan simpan di dalam wadah. Taburkan kelapa parut serta gula pasir di atasnya.
  7. Resep kue cenil telah selesai dan kue tradisional yang manis ini siap untuk dihidangkan.
    Kue cenil memiliki tekstur lembut serta rasa manis yang khas sehingga membuatnya banyak disukai terutama oleh anak-anak. Penggunaan warna-warna cerah serta penambahan kelapa parut dan gula pasir membuat tampilan serta rasa kue tradisional ini semakin menarik.

    Rahasia dari pembuatan resep kue cenil yang kenyal serta manis adalah bahan-bahan yang dipakai serta ketepatan takaran serta waktu pembuatan. Gunakan bahan-bahan yang berkualitas serta jaga kebersihan dari peralatan yang digunakan untuk memasak. Dengan demikian maka kita akan bisa membuat kue cenil yang nikmat pula. Untuk warna-warnanya bisa dipilih sesuai selera, walau biasanya kue cenil menggunakan pewarna merah serta hijau yang dominan.

    Demikian resep kue cenil ini. Selamat mencoba memasak jajanan pasar yang populer ini dan semoga berhasil.
Share on Google Plus

About KPI NEWS

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar