Halwa Aceh Kegurihan Dalam Citra Rasa Butiran Ketan


               Halwa Aceh Kegurihan Dalam Citra Rasa Butiran    Ketan

oleh: Meri Tursina




   Hai teman- teman hari ini saya akan memperkenalkan suatu kue yaitu kuehalwa.kue halwa adalah salah satu jenis kue/ makanan yang hampir sama menyerupai dodol,baik dari segi rasa maupun warnanya.kue halwa ini memiliki memiliki tekstur yang kasar,karena kue ini terbuat dari beras ketan yang di tumbuk kasar.sensasi kenikmatannya justru terdapat dari butiran- butiran kasar ini dan juga dari butiran kelapa.kue ini memang tidak begitu populer di bandingkan dengan kue tradisi yang lain,rasanya manis dan legit.

   Proses pembuatan kue ini agak sedikit rumit dan membutuhkan waktu lama sehingga membuat orang agak malea membuatnya.dulu orang membuat kue ini bisa sampai seharian.betapa tidak,menumbuk kue nya saja dengan menggunakan jingki,alat menumbuk beras tradisi orang aceh.jadi bisa menghabiskan waktu yang lama.

   Bahan – bahan yang perlu membuat kue halwa ini sangat mudah di dapatkan,hanya beras ketan,kelapa parut dan gula merah cair.biasanya orang menyebutnya dengan meulisan atau manisan.awalnya beras di rendam dulu sampai mengembang hingga sekitar 2 – 3 jam.lalu di tiriskan sampai airnya kering kemudian di sangrai sampai berubah warna agak kecoklatan.barulah ketan di tumbuk.proses penembukannya juga tidak mudah karena ketan akan berterbangan dan harus sangat hati – hati.

   Setelah di tumbuk sampai halus kemudian di masukkan kelapa parut,supaya lebih harum ada baiknya kelapa di sangrai sebentar.lalu di tumbuk lagi sampai halu.adonan inilah yang kemudian di masukkan kedalam manisan tadi.sebelumnya manisan sudah dijerangkan di atas api dalam kuali.selanjutnya adonan tinggal di aduk seperti mengaduk dodol  sampai air gulanya kering.

Share on Google Plus

About KPI NEWS

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar