KUE BUGIS UBI UNGU MANTAAP BETUL


KUE BUGIS UBI UNGU MANTAAP BETUL
oleh:nurul shelmahera



As’salamu’alaikum sahabat DAPUR MAMI...
Hari ini nurul mau membagikan resep cara bagaimana membuat kue bugis ubi ungu. Ubi ungu ini adalah bahan dasar dari pembuatan kue bugis ubi ungu, tidak hanya bisa diolah menjadi kue bugis saja bahkan di olah menjadi bolu atau makanan lainnya pun sangat nikmat.
Ubi ungu selain bisa dibuat menjadi bahan dasar pembuatan kue, ubi ungu apabila direbus ataupun hanya digoreng saja ehhmmm.... rasanya wenae....bangett......, kalau kita rajin kita bisa mengolah bahan dasar ubi ungu ini menjadi ide sebuah bisnis makanan loh...syarat yang paling utama ialah ada minat ingin (mau) mengolah makanan dan rajin.
Karena pangkal dari semua pekerjaan ialah mau dan yang kedua itu rajin, karena kalau kita tidak rajin maka kita akan ketinggalan terus informasi terbaru dari seputar makanan loh..heheh... oke nurul sekarang langsung ke tahap berikutnya yaitu apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan dan bagaimana proses pembuatannya.




oke nurul sekarang langsung ke tahap berikutnya yaitu apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan dan bagaimana proses pembuatannya.
v Bahan-bahan yang dibutuhkan ialah:
1.   Ubi Ungu                : 3 Ons
2.   Tepung pulut          : 250 gr
Bahan-bahan (membuat inti) isi kue bugis ubi ungu ialah:
1.    Kelapa                    : 1 buah yang sudah diparut
2.    Gula merah             : ½ keping di iris tipis-tipis
3.    Gula pasir               : 250 gr
4.    Garam                     : setengah sendok teh

v Cara membuat kue bugis
Sebelum kita mengolah ubi kita terlebih dahulu membuat inti untuk kue bugisnya terlebih dahulu.Caranya masukkan kelapa ke dalam wajan setelah itu masukkan gula merah yang sudah diiris tipis-tipis dan juga gula pasir dan tidak lupa juga garam setengah sendok teh.
 Ketika bahan-bahan sudah masuk semua maka diaduk-aduk supaya bahan-bahan tercampur dan menyatu hingga warnanya kecoklatan. Dan setelah bahan inti selesai maka baru kita mengolah ubinya. Memang membuat kue ini membutuhkan extra sabar dan ketelatenan karena memang agak capek dalam mengolahnya. Berikut adalah langkah-langkah mengolah ubi ungu
Langkah yang pertama ialah
1.    Pertama kita kupas lebih dahulu ubi nya lalu dicuci hingga bersih dan potong dadu ubi ungunya.
2.    Kemudian rebus ubi ungu yang telah di potong-potong tadi.
3.    Setelah di rebus kita ulen dengan bagian bawah gelas agar ubi tadi halus dan tuang sedikit demi sedikit tepung pulut nya hingga tercampur semua antara ubi dan tepung.
4.    Ubi dan tepung tercampur lalu dibentuk bulat-bulat sedang ubi nya.
5.    Selesai di bentuk bulat-bulat lalu kita membuat lubang atau lengkungan agar inti itu bisa dimasukkan ke dalam olahan ubi tadi.
6.    Setelah dimasukkan inti lalu ditutp rapat sampai inti tidak tanpa dari luar.
7.    Dan bentuk daun pisang seperti kerucut dan masukkan bola-bola ubi tadi dan bentuk dan lipat sehingga berbentuk seperti piramida....dan kukus selesai deh.
Dan begitulah temen-temen cara membuat kue bugi ubi ungu memang agak melelah kan tetapi begitu lihat hasil nya sangat memuaskan karena hasil karya buatan tangan sendiri. Berbeda loh dengan kue kalau kita beli, kalau kita buat itu jerih payah kita membuat itu benar-benar terealisasikan dan bangga bisa membuat suatu makanan dan mengolahnya..
Sampai jumpa lagi minggu depan teman-teman As’salamu’alaikum wr. wb




Share on Google Plus

About KPI NEWS

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar